Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam
Abstract
School relationship management with the community is the design of a series of activities to create harmonious relationships between formal institutions and the community through oraganisasi ongoing and mutually support for common goals and needs. This is because the school as a social institution organized and owned by the community, must meet the needs of the community. Society is a group of individuals who need education so that comes from these needs then the community organizes the education. Originally, they have interrelated interests, which can be said that schools as formal institutions play a role and gain the confidence to educate, train and equip the young generation for their future while the community acts as an implication of that education. The purpose of the establishment of public relations management such as as a means of determining the source and needs of learning, the availability of research places, the fulfillment of facilities and infrastructure, the fulfillment of financial resources and human resources are revealed in the creation, taste, intention, and his work. In this text will be discussed how the management of public relations in the perspective of Islam.
Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat merupakan rancangan rangkaian kegiatan untuk menciptakan hubungan harmonis antara lembaga formal dan masyarakat melalui oraganisasi yang berlangsung secara kesinambungan dan saling mendukung untuk tujuan dan kebutuhan bersama. Hal ini disebabkan sekolah sebagai lembaga sosial yang diselenggarakan dan dimiliki oleh masyarakat, harus memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Masyarakat merupakan sekelompok individu yang membutuhkan pendidikan sehingga berasal dari kebutuhan tersebut maka masyarakat menyelenggarakan pendidikan itu. Berasal dari sinilah keduanya memiliki kepentingan yang saling berkaitan, yaitu dapat dikatakan bahwa sekolah sebagai lembaga formal berperan dan mendapat kepercayaan untuk mendidik, melatih dan membekali generasi muda guna masa depannya sedangkan masyarakat berperan sebagai implikasi dari pendidikan tersebut. Tujuan diadakannya manajemen hubungan masyarakat diantaranya adalah sebagai sarana penentuan sumber dan kebutuhan belajar, tersedianya tempat-tempat penelitian, pemenuhan sarana dan prasarana, pemenuhan sumber dana dan daya manusia yang terungkap dalam cipta, rasa, karsa, dan karyanya. Dalam naskah ini akan di bahas bagaimana manajemen hubungan masyarakat dalam perspektif Islam.
Downloads
References
Daryanto dan M. Farid. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah Yogyakarta: Gava Media.
Hermino, Agustinus. 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter: Konsep, Pendekatan dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Ikhwan, Afiful. 2013. Pengembangan Kurikulum PAI. Tulungagung: STAI Muhammadiyah Tulungagung & Insan Cita Press Malang.
Ikhwan Afiful. Model Organisasi Ideal Bagi Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam. Volume 02, Nomor 01, Juni 2014.
Ikhwan Afiful. Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur'an dan Hadist), EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 04, Nomor 01, Juni 2016.
Ikhwan Afiful. Leadership in Islamic Education; Study of Thematic Al-Qur'an and Al-Hadist. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, Volume 17, No.1, Tahun 2016.
Ismaya, Bambang. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kompri. 2014. Manajemen Pendidikan-2. Bandung: Alfabeta.
Mulyono. 2009. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto, Ngalim. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Qomar, Mujamil. 2008. Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga.
Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.