Profil Pendidikan Karakter Mahasiswa Non Muslim dalam Implementasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Abstract
This study aims to identify the profile of the implementation of Al-Islam and Kemuhammadiyahan education and to know the role of Al-Islam and Kemuhammadiyahan education in the formation of non-Muslim students character at Muhammadiyah University of Sorong. This research uses qualitative approach method with data collection technique through observation, interview, documentation and questionnaire (questionnaire). The result of the research shows that non-Muslim students already have religious attitude, honest (sidq), endeavor (jihad), good discipline, consistency (istiqomah) and tolerance (tassamuh) after getting Al-Islam and Kemuhammadiyahan learning integrated with Islamic values and understand kemuhammadiyahan. The role of learning in integrating Islamic values and kemuhammadiyahan associated with character education shows that non-Muslim students while doing the tasks and lectures are given seriously and do not complain much, the students always do the job seriously without cheating, the students always believe in yourself , and mutual respect between one student with another student.
Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi Profil pelaksanaan pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta mengetahui peran pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam pembentukan karakter mahasiswa non-muslim di Universitas Muhammadiyah Sorong. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket (kuesioner). Hasil penelitian yang didapatkan informasi bahwa mahasiswa non muslim sudah memiliki sikap religius, jujur (sidq), berusaha keras (jihad), kedisiplinan, konsistensi (istiqomah), dan toleransi (tassamuh) yang baik setelah mendapatkan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam dan paham akan kemuhammadiyahan. Peran pembelajaran dalam pengintegrasian nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan yang dikaitkan dengan pendidikan karakter tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa non muslim ketika mengerjakan tugas dan perkuliahan yang diberikan dengan serius dan tidak banyak mengeluh, mahasiswa selalu mengerjakan tugas dengan serius tanpa menyontek, mahasiswa selalu percaya dengan diri sendiri, dan saling menghargai antara mahasiswa satu dengan mahasiswa yang lain.
Downloads
References
Karyani, U. 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah : Apakah Menjadikan Anak-anak Lebih Baik. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, April.
Kosaih. 2012. Peran Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Mahasiswi Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon [Tesis]. Cirebon: Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon.
Mahfudzoh Siti. 2011. Pengaruh Integrasi Islam dan Sains Terhadap Matematika. Prosidding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Michel, T. 1997. Social and Religious Factors Affecting Muslim-Christian Relations dalam Islam and Christian-Muslim Relations, Vol. 8, No. 1.
Rochman, Chaerul. 2010. Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 11. No. 2. Bandung : UIN SGD Bandung.
Subur. 2007. “Pendidikan Nilai: Telaah tentang Model Pembelajaranâ€. Insania. Vol 12. No. 1. Hal 3-16. Purwokerto: P3M STAIN Purwokerto.
Sukmadinata, NS. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, R&D). Alfabeta: Bandung.
Wekke, I. S., Kahar, M. S., & Amri, I. (2018). Perguruan Tinggi Tanah Papua Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggi. Openwekke, Ismail S, Muhammad S Kahar, And Irman Amri. “Perguruan Tinggi Tanah Papua dan Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggiâ€. Ina-Rxiv.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.