Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Sebuah Ikhtiar Penanggulangan Narkoba dan HIV/AIDS bagi Pelajar

  • Istiqomah Istiqomah Al-Hayat Al-Istiqomah Foundation

Abstract

Once of the seriousness abuse drug and HIV/AIDS, the teacher has to refer learning achievement on academic competence is expected to plan the model of learning in drug and HIV/AIDS control. This paper analyzes 1. The concept of PAI learning to plan them; 2. Implementation of PAI learning; and 3. The implications of PAI learning as an effort to defer HIV/AIDS among students. Paper approach with qualitative, descriptive, documentation on credible, dependable, konfirmable, and transferable of phenomenology. It is known that: 1. The concept of learning-based planning improves the various intelligences: a) spiritual; b) emotional and social intelligence; c) intellectual intelligence, and d) kinesthetic intelligence reflected in religious and social values; 2. Implementation of learning model packed with data analyzing model, ethnographic questions, making an ethnographic record; 3. The implications of PAI learning include: Internal factors: self-motivation, heeding the advice of teachers, families milieu, and society and compliance based on the ethical value of learners in religious practice. External factors: supervision, teachers, famillies milieu, community, and synergism of educational institutions with related all programs. The formal indicator is the spiritual collaboration of Imam Suprayogo (holy book, mosque, and ulama), non-drug and HIV / AIDS.

Begitu gawatnya penyalahangunaan narkoba dan penularan HIV/AIDS, maka guru selain mengacu produk pencapaian pembelajaran kompetensi akademik diharapkan dapat merencanakan model pembelajarannya dalam penganggulangan narkoda dan HIV/AIDS. Makalah ini menganalisis 1. Konsep perencanaan pembelajaran PAI; 2. Implementasi pembelajaran PAI; dan 3. Implikasi pembelajaran PAIsebagai ikhtiar penanggulanan HIV/AIDS di kalangan pelajar. Penulisan makalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif fenomenologi, literasi dokumentatifkredibel, dependabel, konfirmabel, dan transferabel. Diketahui bahwa: 1. Konsep perencanaan pembelajaran berbasis peningkatan berbagai kecerdasan: a) cerdas spiritual; b) cerdas emosional dan sosial; c) cerdas intelektual, dan d) cerdas kinestetis tercermin dalam nilai-nilai agama dan sosial kemasyarakatan; 2. Implementasi model pembelajarannya dikemas dengan model analyzing data, ethnographic questions, making an ethnographic record; 3. Implikasi pembelajaran PAI meliputi: Faktor internal yaitu: motivasi diri, mengindahkan saran guru, milieu—keluarga, dan masyarakat serta kepatuhan berdasarkan nilai etis pemelajar dalam pengamalan agama. Faktor eksternal: pengawasan, guru, milieu--orang tua, masyarakat, dan sinergisme institusi  pendidikan dengan lembaga-lembaga terkait. Indikator formal adalah kolaborasi spiritualis Imam Suprayogo (kitab suci, masjid, dan ulama), nir narkoba dan HIV/AIDS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daud Ali, Mohammad. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
Ikhwan, Afiful. Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur'an dan Hadist), EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 1, Juni 2016.
Jamil Zainu, Muhammad bin. Ensiklopedi Kemuliaan Pribadi Nabi s.a.w., Tasikmalaya: Salwa Press, 2008.
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.
Kartono, Kartini. Patologi Sosial 3 Gangguan Gangguan Kejiwaan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1981.
Rachman Assegaf, Abd. Filsafat Pendidikan Islam (Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif), Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rohmad, Ali. Pendidikan Formal sebagai Pelestari Tata Nilai dan Pembaru Kebudayaan, Edukasi, Tulunggagung: STAIM, 2014.
Saefuddin Anshari, Endang. Wawasan Islam Pokok-Pokok Pikiran tentang Paradigma dan Sistem Islam, Jakarta: Gema Insani, 2004.
Saputra, Hatta. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (high Order Thinking Skills.
Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Suprayogo, Imam. Pengembangan Pendidikan Karakter, Malang: UIN Press, 2013.
Sidiq, Umar. Kebijakan Wajib Belajar Madrasah Diniyah Awwaliyah bagi Siswa SD/MI, Studi Multikasus di Kabupaten Indramayu dan Kuningan Jawa Barat, Disertasi—UIN Maliki Malang, 2017.
Tim Redaksi Pustaka Yudistira, Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan, Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terpadu, Jakarta: Yudistira, 2009.
Zaenul Fitri, Agus. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Rus-Media, 2012.
Zuhri, Moh., dkk. Ihya’ Ulumiddin Jilid IV, Semarang: Asy Syifa’ 1993.
Published
2018-06-05
How to Cite
ISTIQOMAH, Istiqomah. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Sebuah Ikhtiar Penanggulangan Narkoba dan HIV/AIDS bagi Pelajar. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 47-62, june 2018. ISSN 2599-3046. Available at: <https://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/15>. Date accessed: 12 nov. 2024.