The Effect of Interest In Al-Quran And Arabic Language Ability Towards The Achievement of Tahfizh Al-Qur'an
Abstract
The enthusiasm of Muslims in memorizing the Qur'an from time to time is increasingly felt. This can be observed in the emergence of boarding school programs that focus on the Qur'an or more precisely the Tahfidzul Al-Qur'an boarding school. Interest in memorizing the Qur'an and the ability to speak Arabic can be a person's influence in achieving the recitation of the Qur'an. The focus of this research will be to discuss the influence of the interest in memorizing the Qur'an and the ability of the Arabic language to memorize Al-Qur'an's achievements in the hope of contributing ideas for the future of Al-Qur'an education in Indonesia.
Pesatnya animo dan semangat umat Islam dalam menghafal Al-Qur'an dari waktu ke waktu kian terasa. Hal ini dapat dicermati bermunculannya program pesantren-pesantren yang konsen tehadap Al-Qur'an atau lebih tepatnya pesantren Tahfidzul Al-Qur'an. Minat menghafal Al-Qur'an dan kemampuan berbahasa Arab kiranya dapat menjadi pengaruh seseorang dalam berprestasi terhadap hafalan Al-Qur'an. Fokus dalam penelitian ini akan membahas pengaruh minat menghafal Al-Qur'an dan kemampuan bahasa Arab terhadap prestasi hafalan Al-Qur'an dengan harapan dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk masa depan pendidikan Al-Qur'an di Indonesia.
Downloads
References
[2] Departemen Agama RI, Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya, Bandung: Jabal Roudhotul Jannah, 2009.
[3] Al-Hafidz AhsinW, Bimbingan Praktik Menghafal al-Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
[4] Agus Sugianto Ilham, Kiat Praktis Menghafal al-Qur’an, Bandung: Mujahid Press, 2004.
[5] Imam Al-Bukhori, Shahih Al-Bukhori, Cairo: Darul Hadits, 2004, Juz 3.
[6] Ikhwan, Afiful. Pengembangan Program Akselerasi (Pemikiran Pengembangan Pendidikan Islam), EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3, Nomor 2, November 2015.
[7] Ikhwan, Afiful. Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam, Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 2, Januari-Juni 2017. hlm. 1-34. e-ISSN: 2541-0970. DOI: http://dx.doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.623
[8] Ikhwan, Afiful. Development Of Quality Management Islamic Education In Islamic Boarding School (Case Study Madrasah Aliyah Ash Sholihin), Al-Hayat: Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 1, Desember 2017. hlm. 91-117. e-ISSN: 2599-3046
[9] Ali Atabik dan Ahmad Zudi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Yogyakarta: Multi Karya Grafika,t.t., cet. IV.
[10] Wajdi Farid, “Tahfizh Al-Qur’an dalam Kajian ‘Ulum Al-Qur’an: Studi atas Berbagai Macam Metode Tahfizh,” Tesis.
[11] Ibn Manzhur, Lisanularab.
[12] Farid Wajdi, “Tahfizh Al-Qur’an dalam Kajian ‘Ulum Al-Qur’an: Studi atas Berbagai Macam Metode Tahfizh,” Tesis.
[13] Makruf Imam, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Semarang: Need's Press, 2009.
[14] Abdul Mu'in, Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia.
[15] Departemen Agama, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2003.
[16] Software al-Maktabah al-Syamilah, Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah, juz. 2.
[17] Sumardi Muljanto, Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan Dari Segi Metodologi, Jakarta: Bulan Bintang, 1974, cet. Ke 1.
[18] Yayat Hidayat, Studi Prinsip Dasar Metode Pengajaran Bahasa Arab, http://arabicforall.or.id/metode/studi-prinsip-dasar-metode-pengajaran-bahasa-arab/. Diakses pada 12 November 2016.
[19] Hamim Nur, “Hubungan Minat Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten”, Tesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2006.
[20] Moch. Idochi Anwar, Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Performance Kerja Guru, Bandung: Tesis, FPS IKIP Bandung, 1984.
[21] Chaplin James P, Dictionary of Psychology, terj. Kartini Kartono, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
[22] M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
[23] Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional, edisi ke 3, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.