Development of Islamic Education Curriculum Model Curriculum 2013 (K13)

  • Dwi Noviatul Zahra Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

The development of an Islamic religious education curriculum (PAI) is an activity to produce a PAI curriculum and a process that links one component to another to create a better Islamic education curriculum (PAI). The curriculum component must consist of at least four parts, namely objectives, contents, processes, and assessments. This study discusses in depth the development of the curriculum in the Indonesian curriculum for the 2013 Curriculum model. This study aims to determine the extent to which the curriculum development curriculum for the 2013 curriculum model PAI. This study uses a literature review method. Data collection is done through documentation study techniques. The results of this study indicate that the curriculum development of the 2013 curriculum in the PAI is very significant, oriented towards realizing character education, creating education with local insight and creating a cheerful and friendly culture.


Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah kegiatan menghasilkan kurikulum PAI, dan proses yang mengkaitkan satu komponen dengan komponen yang lainya untuk menghasilkan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) yang lebih baik. Komponen kurikulum setidaknya harus terdiri dari empat komponen yaitu tujuan, isi, proses dan penilaian. Penelitian ini membahas secara mendalam mengenai pengembangan kurikulum PAI model Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana  pengembangan kurikulum PAI model Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan  pengembangan kurikulum PAI Kurikulum 2013 pada ranah ini sangat signifikan, yang berorientasi pada mewujudkan pendidikan berkarakter, menciptakan pendidikan berwawasan lokal serta menciptakan pendidikan yang ceria dan bersahabat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arifin, Syamsul. 2008. “Pelembagaan Multikulturalisme Melalui Metode Living Values di Madrasah: Sebuah Eksplorasi Awal”, dalam jurnal Edukasi, Volume 6, Nomor 2, April-Juni 2008. Lili Hidayati, Kurikulum 2013 dan Arah Baru Pendidikan Agama Islam, STAI Al-Hikmah Benda Brebes, Insania, Vol. 19, No. 1, Januari - Juni 2014.
[2] Amin, A. Rifqi. Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum.Yogyakarta:Deepublish, 2014.
[3] Ach. Sayyi, Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam DalamPerspektif Azyumardi Azra, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Tadris, Volume. 12, Nomor 1, Juni 2017.
[4] Abidin Yunus, Desain Pembeljaran dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung: PT Refika Aditama, 2014.
[5] Abdulloh, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2010.
[6] Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2005.
[7] Darwis, Umar Ahmad. 2015. Landasan Konseptual Pengembangan Kurikulum PAI
[8] Daradjat, Zakiah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung, 2002.
[9] DaradjatZakiah dkk, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
[10] Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[11] Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
[12] Hamdan, Pengembangan dan Pembinanaan KurikulumTeori dan Praktek Kurikulum PAI, Banjarmasin: IAIN ANTASARI PRESS 2014.
[13] Hamid Hamdani, Pengembangan Kurikulum Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.
[14] Hidayat Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
[15] Hidayati Lili, Kurikulum 2013 dan Arah Baru Pendidikan Agama Islam, STAI Al-Hikmah Benda Brebes, Insania, Vol. 19, No. 1, Januari - Juni 2014.
[16] Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
[17] Idi, Abdullah Idi. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.
[18] Langgulung Hasan, Peralihan Paradigma Pendidikan Islam dan Sains Sosial, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.
[19] Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
[20] Muzayin Arifin, Pendidikan Islam Dalam Arus Dinamika Masyarakat, Jakarta: PT Golde Terayon Press, 2000.
[21] Muhamad Tisna Nugraha, Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Dosen Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Jurnal At-Turats Vol. 10 No. 1 tahun 2016.
[22] Nasution. 2006. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
[23] Nuraini & Muhtarima, M. (2016). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 52 - 80. doi:http://dx.doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.167
[24] Permendikbud No. 58 tahun 2014 tentang Kurikulum PAI SMP
[25] Permendikbud No. 59 tahun 2014 tentang Kurikulum PAI SMA
[26] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
[27] Permendikbud Th. 2016 No. 021, Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah -Lampiran.
[28] Soetopo, Hendayat Soetopo dan Wast Soenanto. 1993. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
[29] Subandiah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada, 1993
[30] Supriyono,Studi Analisis Konsep Pengembangan Kurikulum 2013; Sebuah Tantangan Bagi Pendidikan Islam, STIT Muh. Kendal, JURNAL DIDAKTIKA ISLAMIKA Volume 5 Nomor 1 Pebruari 2015.
[31] Sulaeman,A, Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer, Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto,ISLAMADINA, Volume XIV , No. 1 , Maret 2015.
[32] Toto, Suharto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
[33] Usmar, Ali, Model-Model Pengembangan Kurikulum dalam Proses Kegiatan Belajar, Jurnal An-Nahdhah, Vol. 11 No. 2 Juli – Desember 2017.
[34] Uhbiyati Nur, Ilmu Pendidikan Islam (IPI), Bandung: Pustaka Setia, 1997.
[35] Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2011.
[36] Zuhri.Convergentive Design: Kurikulum Pendidikan Pesanren (Konsepsi dan Aplikasinya). Yogyakarta: Deepublish, 2012.
[37] Afiful Ikhwan. (2017). Development Of Quality Management Islamic Education In Islamic Boarding School (Case Study Madrasah Aliyah Ash Sholihin). Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 01(01), 1–27.
[38] Ikhwan, A. (2013). Model Organisasi Ideal Bagi Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29–36. Retrieved from http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum/article/view/537
[39] Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islami (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 184. https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194
[40] Ikhwan, A. (2017). Kajian Sosio-Historis Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 17. Retrieved from http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/268
[41] Ikhwan, A. (2018). MANAGEMENT OF LEARNING ASSESSMENT USING CURRICULUM 2013 (CASE STUDY IN ISLAMIC PRIMARY SCHOOL (MI) MUHAMMADIYAH 5 WONOASRI PONOROGO - EAST JAVA - INDONESIA). MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 08(02), 108–123. https://doi.org/10.24269/muaddib.v8i2.1422
[42] Musyarapah. (2017). The Role of Progressive Philosophy in the Curriculum Based on John Dewey’s Theory. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 01(01), 1–8.
[43] Nurhadi. (2018). Manajemen Penilaian Pembelajaran Menggunakan K13. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 02(01), 1–16.
[44] Umar Sidiq, L. I. (2018). Inclusive Curriculum Education Modification Management (Case Study at Ponorogo National Immersion Primary School). Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 02(02), 1–11.
[45] Wawan Kusnawan. (2019). Inconsistency of Curriculum of Education in Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.24269/ijpi.v4i1.1667
Published
2019-06-28
How to Cite
ZAHRA, Dwi Noviatul. Development of Islamic Education Curriculum Model Curriculum 2013 (K13). AL-HAYAT: Journal of Islamic Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 38-52, june 2019. ISSN 2599-3046. Available at: <https://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/50>. Date accessed: 16 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.35723/ajie.v3i1.50.